PROGRAM PENYIAPAN
CALON KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
PRE-TEST
– POST TEST
IN-SERVICE
LEARNING-1
PETUNJUK:
1. Bacalah soal
dengan seksama dan pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda
silang pada lembar jawaban yang tersedia.
2. Evaluasi ini
bersifat mandiri, tidak diperbolehkan bekerja sama.
3. Alokasi waktu untuk mengerjakan evaluasi ini
adalah 45 menit,
4. Jangan lupa untuk mengisikan
identitas Anda pada lembar jawaban yang tersedia.
SOAL
PILIHAN GANDA
1.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala
Sekolah/Madrasah menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi meliputi ....
a.
Mengidentifikasi
permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melakukan tindak lanjut hasil
supervisi
b.
Merencanakan,
melaksanakan dan melakukan tindak lanjut supervisi
c.
Merencanakan,
mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, melaksanakan
supervisi
d.
Mengidentifikasi
permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan dan
melakukan tindak lanjut
2.
Dalam
supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi ....
a.
Pengetahuan,
keterampilan mengajar, dan komitmen guru.
b.
Pengetahuan, keterampilan mengajar, sikap guru.
c.
Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan
kelas guru.
d.
Silabus, rencana pembelajaran, penilaian
guru.
3.
Kepala
sekolah yang melakukan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan
menganggap guru sebagai bawahannya adalah bukan seorang supervisor yang baik
karena ....
a.
perilaku supervisi yang dilakukan kurang manusiawi
b.
perilaku supervisi yang dilakukan tidak kooperatif
c.
perilaku supervisi yang dilakukan tidak sesuai dengan
fakta
d.
perilaku supervisi yang dilakukan menyalahi ketentuan
4.
Supervisi yang dirancang
sebagai pendekatan dalam melakukan supervisi pengajaran terhadap calon guru
yang sedang berpraktik mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi
pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif adalah ....
a.
supervisi akademik
b.
supervisi klinis
c.
supervisi pengajaran
d.
supervisi praktik mengajar
5. Tugas tim pengembang kurikulum di sekolah ialah
sebagai berikut, kecuali
....
a.
menyusun dasar-dasar hukum, kerangka dasar serta program inti
kurikulum
b.
memberikan alternatif konsep pendidikan dan model
kurikulum yang dipandang paling sesuai dengan perkembangan zaman
c.
mengimplementasikan, menilai dan menyempurnakan
kurikulum
d.
mengartikulasikan kurikulum dan melakukan koordinasi
segala pengalaman belajar
6.
Dimensi kepemimpinan mencakup
antara lain ....
a.
memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan
mengembangkan
b. mempengaruhi,
menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan
c.
membagi peran, mendelegasikan wewenang, mengatur
strategi, dan membuat keputusan
d.
memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti.
7.
Hakekat pembangunan tim didasarkan atas ....
a. kerjasama fungsional
dan kerja sama peran
b.
pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif
c.
kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar
d.
pengambilan keputusan yang aman
8.
Tahapan dalam pembangunan tim antara lain ....
a.
Benturan, Pembentukan, Kesepakatan, Puncak
b.
Pembentukan, Kesepakatan, Benturan, Kemapanan
c.
Pembentukan, Benturan, Kesepakatan,
Puncak, Kemapanan
d.
Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
9.
Kewirausahaan mencakup tiga perilaku utama, yakni
....
a. kreatif, komitmen,
berani mengambil resiko dari kegagalan
b.
sistematis, percaya diri, tegas
c.
agresif, kompetitif, egoistis
d.
dinamis, inovatif, cerdas.
10.
Cara menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah adalah
dengan cara ....
a. memberikan reward
kepada guru dan siswa yang berprestasi
b.
peningkatan kualitas kehidupan beragama
c.
memiliki target mutu yang tinggi
d.
melakukan rapat evaluasi
11.
Agar
orang tua dan guru saling-mengenal merupakan
....
a.
salah satu bentuk hubungan antara masyarakat dengan
sekolah
b. tujuan
dilaksanakannya kegiatan pertemuan antara orangtua murid/ masyarakat dengan
pihak sekolah
c.
cara mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan sekolah
d.
teknik dalam melakukan hubungan kerjasama sekolah
dengan masyarakat
12. Partisipasi sekolah dalam kegiatan masyarakat bertujuan untuk
....
a.
pembentukan karakter anak didik
b.
mencari nilai tambah bagi masyarakat
c.
menumbuhkan kepekaan sosial sekolah
terhadap masyarakat.
d.
mencari bantuan sekolah dari masyarakat.
13.
Berikut
adalah tujuan pemeliharaan
sarana dan prasarana di sekolah adalah, kecuali ....
a.
mengoptimalkan usia pakai peralatan
b.
pemeliharaan yang
baik memberikan hasil pekerjaan yang baik
c.
menjamin ketersediaan peralatan yang diperlukan
melalui pengecekan secara rutin dan teratur
d.
menjamin kesiapan operasional peralatan untuk
mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal
14.
Perabot
merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai
fungsi sebagai berikut, kecuali ...:
a.
fungsi
pendidikan
b.
fungsi konstruktif
c.
fungsi
administrasi
d.
fungsi
penunjang
15.
Tujuan dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. sebagai sumber
pendanaan utama untuk pemeliharaan,
penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
b.
sarana praktik produksi secara langsung bagi siswa
c.
wahana pelatihan berbasis produksi/jasa bagi siswa
d.
wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru
dan siswa
16.
Berikut ini
adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit
produksi dan jasa sekolah, kecuali
....
a.
memilih
lokasi usaha
b.
membaca
peluang bisnis
c.
mempersiapkan
rencana organisasi
d.
meneliti pelaku pasar di masa terkini
17.
Administrasi
keuangan sekolah, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan
administrasi humas merupakan kegiatan tenaga administrasi sekolah yang
berkaitan dengan kompetensi ketenagaan administrasi sekolah terutama kompetensi
....
a.
sosial
b.
teknis
c.
manajerial
d.
kepribadian
18.
Di bawah ini
adalah usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka
pembinaan tenaga administrasi sekolah, kecuali
a.
melakukan PHK terhadap tenaga administrasi sekolah
b.
memberikan
reward bagi tenaga administrasi sekolah yang berprestasi
c.
memberi
kesempatan tenaga administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang
lebih tinggi
d.
mengirim
tenaga administrasi untuk mengikuti diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang
pekerjaannya
19.
Penerapan
prinsip-prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali
....
a.
meningkatkan
akuntabilitas keuangan sekolah
b.
meningkatkan transparansi keuangan sekolah
c.
meminimalkan
penyalahgunaan anggaran sekolah
d.
meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
20.
Dalam
Peraturan Daerah disebutkan bahwa sekolah tidak boleh memungut dana dari
masyarakat. Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ....
a.
menghapus
kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS /pemerintah
b.
membuka usaha sekolah yang dapat menghasilkan sumber keuangan
sekolah
c.
mengajukan
sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
d.
melakukan
koordinasi dengan komite sekolah agar komite sekolah mendapatkan dana dari
orang tua siswa
21.
Dalam
pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan
nonpersonalia. Di bawah ini adalah alokasi keuangan sekolah yang tergolong
biaya personalia:
a.
pajak
b.
tunjangan
c.
jasa
telekomunikasi
d.
pemeliharaan
sarana dan prasarana
22.
Pengelolaan
tenaga kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral,
bersangkut-paut dengan masalah ....
a.
perekrutan,
penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
b.
perekrutan,
penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
c.
perencanaan,
perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
d. perencanaan, perekrutan, penempatan,
pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
23.
Di bawah ini
salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan
adalah ....
a.
iklim
kerja yang kondusif dan professional
b.
terciptanya
perilaku disiplin dalam melaksanakan tugas
c.
profesi tenaga kependidikan belum mendapat pengakuan dari
masyarakat
d.
produktivitas
kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
24.
Sebuah SMP negeri
memiliki 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar menampung 30
siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang,
S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa
Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi
di atas masalah yang ditemukan adalah ....
a.
jumlah
siswa per rombongan belajar tidak memenuhi standar
b.
pendidik yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 kurang dari
100 %
c.
terdapat
beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
d.
beberapa
pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar
proses
25.
Hasil
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi rujukan bagi tim pengembang sekolah untuk
menentukan posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan
pengembangan sekolah memiliki makna sebagai berikut:
a.
Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu
peningkatan
b.
Telah
memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan
kelemahan
c.
Memenuhi
Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak memiliki kelemahan dan mempunyai
beberapa kekuatan
d.
Belum
memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan
membutuhkan banyak perbaikan
26. Dalam
penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan
menggunakan panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen
yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga
Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap
ke ...
a.
Satu,
b.
Dua
c.
Tiga
d.
Empat
27.
Penentuan
prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam
musyawarah bersama antara sekolah dan stakeholder
pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ....
a.
Komitmen
sekolah saat sekarang untuk mewujudkannya.
b.
Relevansi
terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
c.
Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
d.
Pentingnya
pengembangan sekolahdalam kaitannya dengan semua faktor konteks
28.
Empat tahap
yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan
menemukan percaya diri mereka dalam menggunakan TIK, yaitu:
a.
Merencanakan,
melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
b.
Mengenali,
memahami, mampraktikkan, menghasilkan
c.
Menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
d.
Mengenali
alat, memprogramkan, mempratikkan alat, mengontrol pelaksanaan.
29.
Pemanfaatan
TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen
sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ....
a.
Emerging
b.
Applying
c.
Infusing
d.
Transforming
30.
Definisi TIK
menurut UNESCO (2004) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi,
menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk
definisi umum TIK tersebut antara lain ....
a.
Computer
b.
Televisi
c.
Telepon
d.
Mikroskop
Garong ya tetap garoong
BalasHapus
Mari kita seksama klik dua pemberitaan di bawa ini..?
@Roni_halix:
http://petisi.co/bayar-rp-5-juta-nasib-peserta-cakep-tidak-jelas/
http://petisi.co/gpmbm-disdikpora-banyuasin-jagan-sampai-di-ott-kpk-lagi/
Penegak hukum yang ada di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan sepertinya Suda Menggaroong, semuaa Pade..!!
Ada kah yang merasah" suatu tanggung jawap dan kewajipan..??? Pasti ini semua berlatar belakang yang Kolusi ber kelaborisasi sehingga kita tidak bisa bedakan mana yang menindak dan mana pula yang di tindak'
".Sok,lotouy tau2 Garoong...!!
N/B
Pepata bingen mengatakan : bak,Tata & Cathok?
https://mykonlinedotblist.wordpress.com/2017/09/13/garong-ya-tetap-garoong/?preview=true