PROGRAM TAHUNAN ( PROTAH )
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan ( PJOK )
Kelas / Semester :
X/1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1. Mempraktikkan berbagai keterampilan
permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
|
1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama,
kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).
|
·
Melakukan
latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan
dan berkelompok dengan mengguna-kan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan
punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan
menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam,
kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·
Bermain
sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan
dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai
teman, dan keberanian.
·
Melakukan
latihan teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (ber-pasangan
dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
variasi dan kom-binasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan
smash (berpasangan dan berkelompok) dengan meng-gunakan dengan koordinasi
yang baik.
·
Bermain
bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan
dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
·
Melakukan
latihan teknik dasar melempar, menangkap, meng-giring dan menembak bola
(berpasangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
latihan variasi dan kombinasi teknik dasar me-lempar, menangkap, meng-giring
dan menembak bola (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik.
·
Bermain
bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan
dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
|
|
|
|
1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat
dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, dan percaya diri**)
|
· Melakukan teknik dasar memukul forehand,
memukul backhand, dan servis bulutangkis (berpasangan dan berkelompok) dengan
koordinasi yang baik.
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memukul forehand, memukul backhand, dan servis bulutangkis (berpasangan dan
berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
· Bermain bulutangkis dengan menggunakan
peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan.
· Melakukan teknik dasar melempar, menangkap
dan memukul bola softball (ber-pasangan dan berkelompok) dengan koordinasi
yang baik.
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
melempar, menangkap dan memukul bola softball (berpasangan dan ber-kelompok)
dengan koor-dinasi yang baik
· Bermain softball dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan.
· Melakukan teknik dasar memukul forehand,
memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dengan
koordinasi yang baik.
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan
berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
· Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan.
|
|
|
|
1.3. Mempraktikkan keterampilan keterampilan atletik
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama,
kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri **)
|
· Melakukan teknik dasar lari jarak pendek 100
meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan
dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
· Memvariasikan dan kombinasi teknik dasar
lari jarak pendek 100 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang
dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koor-dinasi yang baik.
· Perlombaan lari jarak pendek 100 meter
dengan meng-gunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan
membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan.
· Melakukan teknik dasar lompat jauh (awalan,
tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
· Memvariasi dan kombinasi teknik dasar lompat
jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang
baik.
· Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan
peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan.
|
|
|
|
1.4. Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang
olahraga beladiri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan
percaya diri **)
|
· Melakukan teknik dasar pencak silat
(pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan
berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan) yang dilakukan
(berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
· Melakukan pertandingan pencak silat
menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina
nilai-nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan.
|
|
|
2. Mempraktikkan
latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
|
2.1. Mempraktikkan
latihan kekuatan,
kecepatan, daya tahan dan kelentukan
untuk kebugaran jasmani dalam
bentuk sederhana serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.
2.2. Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.
2.3. Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap
segar.
|
· Melakukan latihan kekuatan
dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.
· Melakukan latihan
kecepatan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.
· Melakukan latihan daya
tahan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.
· Melakukan latihan
kelentukan dalam bentuk sederhana dengan koordinasi yang baik.
· Melakukan tes kebugaran
jasmani secara sederhana dengan koordinasi yang baik.
|
|
|
3. Mempraktikkan keterampilan
rangkaian senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
|
3.1. Mempraktikkan
rangkaian senam lantai dengan menggunakan bantuan serta nilai percaya
diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.
3.2. Mempraktikkan
rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama
dan tanggungjawab.
|
·
Melakukan
latihan guling depan dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
latihan guling belakang dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
latihan gerakan kayang dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
latihan sikap lilin dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
latihan berdiri dengan kepala dengan koordinasi yang baik.
· Melakukan variasi dan kombinasi latihan
guling depan, guling belakang, sikap kayang, sikap lilin, dan berdiri dengan
kepala dengan koordinasi yang baik.
|
|
|
4.
Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan
nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
|
4.1. Mempraktikkan keterampilan gerak dasar langkah dan lompat pada
aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan
keluwesan.
4.2. Mempraktikkan keterampilan gerak dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik
tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan.
|
·
Melakukan
keterampilan gerak dasar langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat
(perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
keterampilan gerak dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat
(perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
· Melakukan variasi dan kom-binasi
keterampilan gerak dasar (langkah dan lompat) dan (ayunan lengan) pada
aktivitas ritmik tanpa alat (perorangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi
yang baik.
|
|
|
5. Mempraktikkan
salah satu gaya renang dan loncat indah sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
|
5.1. Mempraktikkan
keterampilan dasar salah
satu gaya renang serta
nilai disiplin, keberanian, tanggungjawab, dan kerja keras.
5.2. Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat
indah dari samping kolam renang dengan teknik serta nilai disiplin,
keberanian, tanggungjawab, dan kerja keras.
|
·
Melakukan
latihan gerakan kaki renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
latihan gerakan lengan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
latihan gerakan pernapasan renang gaya bebas dengan koordinasi yang baik.
·
Melakukan
perlombaan renang gaya bebas (menempuh jarak 50 meter) untuk menumbuhkan dan
memupuk nilai-nilai disiplin, keberanian, tanggungjawab dan kerja keras.
· Melakukan latihan loncat indah dari samping
kolam renang dengan koordinasi yang baik.
|
|
|
6. Mempraktikk-an perencanaan penjelajahan dan
penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
|
6.1. Mempraktikkan
keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah pantai serta nilai
tanggungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan
kelompok.
6.2. Mempraktikkan
keterampilan dasar penyelamatan di pantai serta nilai tanggungjawab,
kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok.
6.3. Mempraktikkan keterampilan memilih makanan
dan minuman yang sehat
|
·
Melakukan
kegiatan menjelajah pantai secara berkelompok untuk menanamkan nilai
tanggungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan
kelompok.
·
Melakukan
penyelamatan di pantai secara berkelompok untuk menanamkan nilai
tanggungjawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan
kelompok.
·
Melakukan
pemilihan makanan dan minuman yang sehat secara berkelompok dengan tepat dan
benar.
|
|
|
7. Menerapkan
budaya hidup sehat.
|
7.1. Menganalisis bahaya penggunaan narkoba.
7.2. Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba.
|
·
Menganalisis bahaya
peng-gunaan narkoba seperti: hekekat narkoba, penyalah-gunaan narkoba,
peng-golongan jenis narkoba, pengaruh jenis-jenis narkoba pada tubuh manusia.
·
Memahami berbagai peraturan perundangan
tentang narkoba seperti: saksi terhadap tindak pidana narkotika.
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel PJOK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
0 komentar:
Posting Komentar