RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas Sekolah : SMK Negeri 1 Sigli
Mata Pelajaran : Rancang
Bangun Jaringan
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Pertemuan Ke- : 1 s/d 3
Alokasi Waktu : 3
(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Rancang
Bangun Jaringan
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Rasa Ingin
Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1.
Memahami
hubungan komputer ke jaringan
a.
Prinsip
komunikasi data (Pertemuan 1)
b.
Proses komunikasi
data dalam sebuah jaringan kabel local (Pertemuan 1)
c. Cara membangun
lapisan akses dari sebuah jaringan Ethernet (Pertemuan 2)
d.
Cara membangun lapisan
distribusi sebuah jaringan (Pertemuan 2-3)
e.
Perencanaan
dan penyambungan sebuah jaringan local
(Pertemuan 3)
4.1.
Menalar
hubungan komputer ke jaringan
a.
Menyajikan
informasi mengenai
prinsip komunikasi data
b.
Menyajikan informasi mengenai proses
komunikasi data dalam sebuah jaringan kabel local
c.
Menyajikan
informasi mengenai cara membangun lapisan akses dari sebuah
jaringan Ethernet
d.
Menyajikan
informasi mengenai cara membangun lapisan
distribusi sebuah jaringan
e.
Menyajikan
informasi mengenai perencanaan dan penyambungan
sebuah jaringan local
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami prinsip komunikasi data
2.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami dan menerapkan proses komunikasi data dalam sebuah
jaringan kabel local
3. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami dan menerapkan cara membangun lapisan
akses dari sebuah jaringan Ethernet
4. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami dan menerapkan cara membangun lapisan distribusi sebuah jaringan
5. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami perencanaan dan penyambungan sebuah jaringan local
D.
Materi
Pembelajaran
Terminologi Dasar Jaringan
1.
Prinsip
komunikasi data
2.
Proses komunikasi
data dalam sebuah jaringan kabel local
3. Cara membangun
lapisan akses dari sebuah jaringan Ethernet
4.
Cara membangun lapisan
distribusi sebuah jaringan
5.
Perencanaan
dan penyambungan sebuah jaringan local
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scintifict
learning
2.
Strategi : cooperatif
learning
3.
Model : Problem
based learning
4.
Metode : Diskusi
kelompok, ceramah, tanya jawab dan penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f. Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1.
Prinsip komunikasi data
2.
Proses
komunikasi data dalam sebuah jaringan kabel local
Menanya:
1.
Mendiskusikan Prinsip komunikasi data
2.
Mendiskusikan Proses
komunikasi data dalam sebuah jaringan kabel local
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi Prinsip komunikasi data
2.
Mengeksplorasi Proses
komunikasi data dalam sebuah jaringan kabel local
Mengasosiasi:
1.
Menyimpulkan Terminologi Dasar Jaringan , Prinsip
komunikasi data,Proses
komunikasi data dalam sebuah jaringan kabel local,Cara membangun lapisan
akses dari sebuah jaringan Ethernet,Cara membangun
lapisan distribusi sebuah jaringan ,Perencanaan dan penyambungan sebuah jaringan local
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang
Terminologi Dasar Jaringan , Prinsip komunikasi data,Proses
komunikasi data dalam sebuah jaringan kabel local,Cara membangun lapisan
akses dari sebuah jaringan Ethernet,Cara membangun
lapisan distribusi sebuah jaringan ,Perencanaan dan penyambungan sebuah jaringan local
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1.
Cara membangun lapisan akses dari sebuah jaringan
Ethernet
2.
Cara
membangun
lapisan distribusi sebuah jaringan
Menanya:
1.
Mendiskusikan Cara membangun lapisan akses dari
sebuah jaringan Ethernet
2.
Mendiskusikan Cara membangun lapisan distribusi sebuah jaringan
Mengeksplorasi:
1. Mengeksplorasi
Cara membangun lapisan akses dari sebuah jaringan Ethernet
2.
Mengeksplorasi Cara membangun lapisan distribusi sebuah jaringan
Mengasosiasi:
1.
Menyimpulkan Terminologi Dasar Jaringan , Prinsip
komunikasi data,Proses
komunikasi data dalam sebuah jaringan kabel local,Cara membangun lapisan
akses dari sebuah jaringan Ethernet,Cara membangun
lapisan distribusi sebuah jaringan ,Perencanaan dan penyambungan sebuah jaringan local
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang
Terminologi Dasar Jaringan , Prinsip komunikasi data,Proses
komunikasi data dalam sebuah jaringan kabel local,Cara membangun lapisan
akses dari sebuah jaringan Ethernet,Cara membangun
lapisan distribusi sebuah jaringan ,Perencanaan dan penyambungan sebuah jaringan local
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1.
Cara
membangun
lapisan distribusi sebuah jaringan
2.
Perencanaan dan penyambungan sebuah jaringan local
Menanya:
1.
Mendiskusikan Cara membangun lapisan distribusi sebuah jaringan
2.
Mendiskusikan Perencanaan dan penyambungan sebuah jaringan local
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi Cara membangun lapisan distribusi sebuah jaringan
2.
Mengeksplorasi Perencanaan dan penyambungan sebuah jaringan local
Mengasosiasi:
1.
Menyimpulkan Terminologi Dasar Jaringan , Prinsip
komunikasi data,Proses
komunikasi data dalam sebuah jaringan kabel local,Cara membangun lapisan
akses dari sebuah jaringan Ethernet,Cara membangun
lapisan distribusi sebuah jaringan ,Perencanaan dan penyambungan sebuah jaringan local
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang
Terminologi Dasar Jaringan , Prinsip komunikasi data,Proses
komunikasi data dalam sebuah jaringan kabel local,Cara membangun lapisan
akses dari sebuah jaringan Ethernet,Cara membangun
lapisan distribusi sebuah jaringan ,Perencanaan dan penyambungan sebuah jaringan local
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
D.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15
menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
a.
Bentuk
instrumen
1.
Test : Test
Uraian
b.
Instrumen
1.
Test
(Terlampir)
3.
Pedoman
penskoran (Terlampir)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas Sekolah : SMK Negeri 1 Sigli
Mata Pelajaran : Rancang
Bangun Jaringan
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Pertemuan Ke- : 4 s/d 6
Alokasi Waktu : 3
(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Rancang
Bangun Jaringan
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Rasa Ingin
Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.2.
Memahami
penyambungan internet melalui ISP
a.
Pengiriman informasi melalui Internet (Pertemuan 4)
b.
Peralatan
pada pusat operasi jaringan (Pertemuan 5)
c. Konektor dan
kabel (Pertemuan 5)
d. Kabel pasangan
terjalin (twisted pair) (Pertemuan 6)
4.2. Menyajikan penyambungan internet melalui
ISP
a.
Menyajikan
informasi mengenai pengiriman
informasi melalui Internet
b.
Menyajikan
informasi mengenai
peralatan pada pusat operasi jaringan
c. Menyajikan informasi mengenai konektor dan
kabel
d. Menyajikan informasi mengenai kabel pasangan
terjalin (twisted pair)
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami cara pengiriman informasi melalui Internet
2. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami jenis peralatan pada pusat operasi
jaringan
3.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami dan mengenal konektor dan kabel
4.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami dan mengenal kabel pasangan
terjalin (twisted pair)
D.
Materi
Pembelajaran
Internet dan ISP
a.
Pengiriman informasi melalui Internet
b.
Peralatan
pada pusat operasi jaringan
c. Konektor dan
kabel
d. Kabel pasangan
terjalin (twisted pair)
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f. Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1.
Pengiriman
informasi melalui Internet
2.
Peralatan pada pusat operasi jaringan
Menanya:
1.
Mendiskusikan
Pengiriman informasi melalui Internet
2.
Mendiskusikan Peralatan pada pusat operasi
jaringan
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi Pengiriman informasi melalui Internet
2.
Mengeksplorasi Peralatan pada pusat operasi
jaringan
Mengasosiasi:
1. Menyimpulkan
pelbagai pengamatan dan percobaan yang dilakukan terkait Internet dan ISP
dalam : Pengiriman informasi melalui Internet,Peralatan pada
pusat operasi jaringan ,Konektor dan
kabel ,Kabel pasangan terjalin (twisted pair)
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Internet dan ISP dalam : Pengiriman informasi melalui Internet,Peralatan pada
pusat operasi jaringan ,Konektor dan
kabel ,Kabel pasangan terjalin (twisted pair)
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 5
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1.
Peralatan pada pusat operasi jaringan
2.
Konektor dan kabel
Menanya:
1.
Mendiskusikan Peralatan pada pusat operasi
jaringan
2.
Mendiskusikan Konektor dan kabel
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi Peralatan pada pusat operasi
jaringan
2.
Mengeksplorasi identifikasi perangkat jaringan
pada setiap lapisan network
3. Mengeksplorasi
Konektor dan kabel
Mengasosiasi:
1. Menyimpulkan
pelbagai pengamatan dan percobaan yang dilakukan terkait Internet dan ISP
dalam : Pengiriman informasi melalui Internet,Peralatan pada
pusat operasi jaringan ,Konektor dan
kabel ,Kabel pasangan terjalin (twisted pair)
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Internet dan ISP dalam : Pengiriman informasi melalui Internet,Peralatan pada
pusat operasi jaringan ,Konektor dan
kabel ,Kabel pasangan terjalin (twisted pair)
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 6
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1.
Konektor dan kabel
2.
Kabel pasangan terjalin (twisted pair
Menanya:
1.
Mendiskusikan Konektor dan kabel
2. Mendiskusikan
Kabel pasangan terjalin (twisted pair)
Mengeksplorasi:
1. Mengeksplorasi
Konektor dan kabel
2. Mengeksplorasi
Kabel pasangan terjalin (twisted pair)
Mengasosiasi:
1. Menyimpulkan
pelbagai pengamatan dan percobaan yang dilakukan terkait Internet dan ISP
dalam : Pengiriman informasi melalui Internet,Peralatan pada
pusat operasi jaringan ,Konektor dan
kabel ,Kabel pasangan terjalin (twisted pair)
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang Internet dan ISP dalam : Pengiriman informasi melalui Internet,Peralatan pada
pusat operasi jaringan ,Konektor dan
kabel ,Kabel pasangan terjalin (twisted pair)
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
a.
Bentuk
instrumen
1.
Test : Test
Uraian
b.
Instrumen
1.
Test
(Terlampir)
3.
Pedoman
penskoran (Terlampir)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas Sekolah : SMK Negeri 1 Sigli
Mata Pelajaran : Rancang
Bangun Jaringan
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Pertemuan Ke- : 7 s/d 8
Alokasi Waktu : 2
(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Rancang
Bangun Jaringan
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Rasa Ingin
Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.3.
Memahami
pengalamatan Jaringan
a.
Macam-macam
alamat IP (IP Public , IP Privat, IPUnicast,Broadcast,Multicast) (Pertemuan 7)
b.
Cara
memperoleh alamat IP ( statis dan dinamis) (Pertemuan 7-8)
c.
Manajemen
Alamat (Pertemuan 8)
4.3. Menyajikan pengalamatan Jaringan
a.
Menyajikan
informasi mengenai macam-macam alamat IP (IP Public , IP Privat,
IPUnicast,Broadcast,Multicast)
b.
Menyajikan
informasi mengenai
cara memperoleh alamat IP ( statis dan dinamis)
c.
Menyajikan
informasi mengenai manajemen Alamat
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami macam-macam alamat IP (IP
Public , IP Privat, IPUnicast,Broadcast,Multicast)
2.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami cara memperoleh alamat IP (
statis dan dinamis)
3.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami manajemen Alamat
D.
Materi
Pembelajaran
Pengalamatan
IP dan subnet mask
1.
Macam-macam
alamat IP (IP Public , IP Privat, IPUnicast,Broadcast,Multicast)
2.
Cara
memperoleh alamat IP ( statis dan dinamis)
3.
Manajemen
Alamat
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f. Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1. Macam-macam
alamat IP (IP Public , IP Privat, IP Unicast,Broadcast,Multicast
2. Cara
memperoleh alamat IP ( statis dan dinamis)
Menanya:
a.
Mendiskusikan Macam-macam
alamat IP (IP Public , IP Privat, IPUnicast,Broadcast,Multicast)
b.
Cara memperoleh alamat IP ( statis dan dinamis)
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi Macam-macam alamat IP (IP Public ,
IP Privat, IPUnicast,Broadcast,Multicast)
2.
Mengeksplorasi Cara memperoleh alamat IP ( statis
dan dinamis)
Mengasosiasi:
1. Menyimpulkan
pelbagai hasil percobaan dan pengamatan terkait dengan Pengalamatan IP dan
subnet mask yaitu :Macam-macam alamat IP (IP Public , IP Privat, IP
Unicast Broadcast,Multicast),Cara
memperoleh alamat IP ( statis dan dinamis),Manajemen Alamat
Mengkomunikasikan:
2.
Menyampaikan
hasil pengamatan
dan percobaan Pengalamatan IP dan subnet mask
,Macam-macam alamat IP (IP Public , IP Privat, IP Unicast Broadcast,Multicast),Cara memperoleh alamat
IP ( statis dan dinamis),Manajemen Alamat
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 8
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1. Cara
memperoleh alamat IP ( statis dan dinamis)
2.
Manajemen Alamat
Menanya:
1. Cara
memperoleh alamat IP ( statis dan dinamis)
2. Manajemen
Alamat
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi Cara memperoleh alamat IP ( statis
dan dinamis)
2.
Mengeksplorasi Manajemen Alamat
Mengasosiasi:
1.
Menyimpulkan pelbagai hasil percobaan dan
pengamatan terkait dengan Pengalamatan IP dan subnet mask yaitu :Macam-macam
alamat IP (IP Public , IP Privat, IP Unicast
Broadcast,Multicast),Cara memperoleh alamat IP ( statis dan
dinamis),Manajemen Alamat
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan
hasil pengamatan
dan percobaan Pengalamatan IP dan subnet mask, Macam-macam
alamat IP (IP Public , IP Privat, IP Unicast
Broadcast,Multicast), Cara memperoleh alamat IP ( statis dan dinamis),
Manajemen Alamat
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15
menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
a.
Bentuk
instrumen
1.
Test : Test
Uraian
b.
Instrumen
1.
Test
(Terlampir)
3.
Pedoman
penskoran (Terlampir)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas Sekolah : SMK Negeri 1 Sigli
Mata Pelajaran : Rancang
Bangun Jaringan
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Pertemuan Ke- : 9 s/d 10
Alokasi Waktu : 2
(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Rancang
Bangun Jaringan
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Rasa Ingin
Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.4.
Memahami
Layanan-Layanan Jaringan
a.
Interaksi
server-klien ( protocol TCP dan UDP,Penomoran port TCP/IP) (Pertemuan 9)
b.
Protocol
aplikasi dan layanan-layanan (Server DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice) (Pertemuan
9-10)
c.
Pemodelan
lapisan dan protocol ( Model OSI) (Pertemuan 10)
4.4. Menalar Layanan-Layanan Jaringan
a.
Menyajikan informasi mengenai interaksi
server-klien ( protocol TCP dan UDP,Penomoran port TCP/IP)
b.
Menyajikan informasi mengenai protocol aplikasi dan layanan-layanan (Server
DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice)
c.
Menyajikan informasi mengenai pemodelan lapisan dan protocol ( Model OSI)
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui praktek diharapkan peserta didik
mampu memahami interaksi server-klien ( protocol TCP dan UDP,Penomoran
port TCP/IP)
2. Melalui praktek diharapkan peserta didik
mampu memahami protocol aplikasi dan layanan-layanan (Server
DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice)
3. Melalui praktek diharapkan peserta didik
mampu memahami pemodelan lapisan dan protocol ( Model OSI)
D.
Materi
Pembelajaran
Interaksi server-klien
1. Interaksi server-klien ( protocol TCP dan
UDP,Penomoran port TCP/IP)
2. Protocol aplikasi dan layanan-layanan
(Server DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice)
3. Pemodelan lapisan dan protocol ( Model OSI)
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f. Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1.
Interaksi
server-klien ( protocol TCP dan UDP,Penomoran port TCP/IP)
2.
Protocol
aplikasi dan layanan-layanan (Server DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice)
Menanya:
1.
Mendiskusikan
Interaksi server-klien ( protocol TCP dan UDP,Penomoran port TCP/IP)
2.
Mendiskusikan
Protocol aplikasi dan layanan-layanan (Server DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice)
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi
Interaksi server-klien ( protocol TCP dan UDP,Penomoran port TCP/IP)
2.
Mengeksplorasi
Protocol aplikasi dan layanan-layanan (Server DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice)
Mengasosiasi:
1.
Menyimpulkan
pelbagai hasil percobaan dan pengamatan terkait dengan Interaksi server-klien
,Interaksi server-klien ( protocol TCP dan UDP,Penomoran port TCP/IP,Protocol
aplikasi dan layanan-layanan (Server ,DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice) dan Pemodelan lapisan dan protocol ( Model OSI)
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan
hasil pengamatan
dan percobaan Interaksi server-klien ,Interaksi
server-klien ( protocol TCP dan UDP,Penomoran port TCP/IP,Protocol aplikasi dan
layanan-layanan (Server ,DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice) dan Pemodelan lapisan
dan protocol ( Model OSI)
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 10
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1.
Protocol
aplikasi dan layanan-layanan (Server DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice)
2.
Pemodelan
lapisan dan protocol ( Model OSI)
Menanya:
1.
Mendiskusikan
Protocol aplikasi dan layanan-layanan (Server DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice)
2.
Mendiskusikan
Pemodelan lapisan dan protocol ( Model OSI)
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi
Protocol aplikasi dan layanan-layanan (Server DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice)
2.
Mengeksplorasi
Pemodelan lapisan dan protocol ( Model OSI)
Mengasosiasi:
1.
Menyimpulkan
berbagai hasil percobaan dan pengamatan terkait dengan Interaksi server-klien
,Interaksi server-klien ( protocol TCP dan UDP,Penomoran port TCP/IP,Protocol
aplikasi dan layanan-layanan (Server ,DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice) dan Pemodelan lapisan dan protocol ( Model OSI)
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan
hasil pengamatan
dan percobaan Interaksi server-klien ,Interaksi
server-klien ( protocol TCP dan UDP,Penomoran port TCP/IP,Protocol aplikasi dan
layanan-layanan (Server ,DNS,Web,FTP,Email,IM, Voice) dan Pemodelan lapisan
dan protocol ( Model OSI)
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
H. Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
a.
Bentuk
instrumen
1.
Test : Test
Uraian
b.
Instrumen
1.
Test
(Terlampir)
3.
Pedoman
penskoran (Terlampir)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas Sekolah : SMK Negeri 1 Sigli
Mata Pelajaran : Rancang
Bangun Jaringan
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Pertemuan Ke- : 11 s/d 12
Alokasi Waktu : 2
(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Rancang
Bangun Jaringan
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Rasa Ingin
Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.
Mengamalkan nilai-nilai
keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.5.
Memahami
Internet dan pemanfaatannya
a.
ISP
dan layanan-layanannya (Pertemuan 11)
b.
layanan
internet ke pengguna akhir (Pertemuan 11)
c.
Hirarki
internet (Pertemuan 11)
d.
Persyaratan-persyaratan
sebuah ISP (Pertemuan 12)
e.
Peran
dan tanggung jawab pada ISP (Pertemuan 12)
4.5.
Menalar
Internet dan pemanfaatannya
a.
Menyajikan
informasi mengenai ISP dan layanan-layanannya
b.
Menyajikan
informasi mengenai layanan internet ke pengguna akhir
c.
Menyajikan
informasi mengenai
hirarki internet
d.
Menyajikan
informasi mengenai
persyaratan-persyaratan sebuah ISP
a.
Menyajikan informasi mengenai peran dan tanggung jawab pada ISP
C.
Tujuan Pembelajaran
a.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami ISP dan layanan-layanannya
b.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami layanan internet ke pengguna
akhir
c.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami hirarki internet
d.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami persyaratan-persyaratan sebuah
ISP
e.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami peran dan tanggung jawab pada
ISP
D.
Materi
Pembelajaran
Internet dan
standart-standart
1.
ISP
dan layanan-layanannya
2.
layanan
internet ke pengguna akhir
3.
Hirarki
internet
4.
Persyaratan-persyaratan
sebuah ISP
5.
Peran
dan tanggung jawab pada ISP
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f. Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 11
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1.
ISP dan layanan-layanannya
2.
layanan internet ke pengguna akhir
3.
Hirarki internet
Menanya:
1.
Mendiskusikan ISP dan layanan-layanannya
2.
Mendiskusikan layanan internet ke pengguna akhir
3.
Mendiskusikan Hirarki internet
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi ISP dan layanan-layanannya
2.
Mengeksplorasi layanan internet ke pengguna akhir
3.
Mengeksplorasi Hirarki internet
Mengasosiasi:
1. Menyimpulkan
pelbagai hasil percobaan dan pengamatan terkait dengan ISP dan
layanan-layanannya,layanan internet ke pengguna akhir,Hirarki
internet,Persyaratan-persyaratan sebuah ISP,Peran dan tanggung jawab pada ISP
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil tentang ISP dan
layanan-layanannya,layanan internet ke pengguna akhir,Hirarki
internet,Persyaratan-persyaratan sebuah ISP danPeran dan tanggung jawab pada
ISP
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 12
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1.
Persyaratan-persyaratan sebuah ISP
2.
Peran dan tanggung jawab pada ISP
Menanya:
1.
Mendiskusikan Persyaratan-persyaratan sebuah ISP
2.
Mendiskusikan Peran dan tanggung jawab pada ISP
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi Persyaratan-persyaratan sebuah ISP
2.
Mengeksplorasi Peran dan tanggung jawab pada ISP
Mengasosiasi:
1. Menyimpulkan
pelbagai hasil percobaan dan pengamatan terkait dengan ISP dan
layanan-layanannya,layanan internet ke pengguna akhir,Hirarki
internet,Persyaratan-persyaratan sebuah ISP,Peran dan tanggung jawab pada ISP
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil tentang ISP dan
layanan-layanannya,layanan internet ke pengguna akhir,Hirarki
internet,Persyaratan-persyaratan sebuah ISP danPeran dan tanggung jawab pada
ISP
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
H. Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
a.
Bentuk
instrumen
1.
Test : Test
Uraian
b.
Instrumen
1.
Test
(Terlampir)
3.
Pedoman
penskoran (Terlampir)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas Sekolah : SMK Negeri 1 Sigli
Mata Pelajaran : Rancang
Bangun Jaringan
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Pertemuan Ke- : 13 s/d 14
Alokasi Waktu : 2
(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Rancang
Bangun Jaringan
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Rasa Ingin
Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.6.
Memahami
Meja bantuan (help desk)
a.
Pekerjaan
teknisi meja bantuan (help desk) (Pertemuan 13)
b.
Organisasi
meja bantuan (help desk) pada ISP (Pertemuan 13)
c.
Peran
teknisi ISP (Pertemuan 13)
d.
Interaksi
dengan konsumen (Pertemuan 14)
e.
Protocol
dan teknologi model OSI (Pertemuan 14)
4.1.
Menalar
Meja bantuan (help desk)
a.
Menyajikan
informasi mengenai pekerjaan teknisi meja bantuan (help desk)
b.
Menyajikan
informasi mengenai
organisasi meja bantuan (help desk) pada ISP
c.
Menyajikan
informasi mengenai
peran teknisi ISP
d.
Menyajikan informasi
mengenai
interaksi dengan konsumen
e.
Menyajikan
informasi mengenai
protocol dan teknologi model OSI
C.
Tujuan Pembelajaran
a.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami pekerjaan teknisi meja bantuan
(help desk)
b.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami organisasi meja bantuan (help
desk) pada ISP
c.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami peran teknisi ISP
d.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami interaksi dengan konsumen
e.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami protocol dan teknologi model
OSI
D.
Materi
Pembelajaran
Help Desk
1.
Pekerjaan
teknisi meja bantuan (help desk)
2.
Organisasi
meja bantuan (help desk) pada ISP
3.
Peran
teknisi ISP
4.
Interaksi
dengan konsumen
5.
Protocol
dan teknologi model OSI
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f. Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 13
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Pekerjaan teknisi meja bantuan (help desk)
2.
Organisasi meja bantuan (help desk) pada ISP
3.
Peran teknisi ISP
Menanya
1.
Mendiskusikan Pekerjaan
teknisi meja bantuan (help desk)
2.
Mendiskusikan Organisasi
meja bantuan (help desk) pada ISP
3.
Mendiskusikan Peran teknisi
ISP
Mengeksplorasi
1.
Mengeksplorasi Pekerjaan teknisi meja bantuan
(help desk)
2.
Mengeksplorasi Organisasi meja bantuan (help desk)
pada ISP
3.
Mengeksplorasi Peran teknisi ISP
Mengasosiasi
1. Membuat
kesimpulan Help Desk Yakni :Pekerjaan teknisi meja bantuan (help
desk),Organisasi meja bantuan (help desk) pada ISP,Peran teknisi ISP,Interaksi
dengan konsumen dan Protocol dan teknologi model OSI
Mengkomunikasikan
1.
Menyampaikan hasil tentang Pekerjaan teknisi meja
bantuan (help desk),Organisasi meja bantuan (help desk) pada ISP,Peran
teknisi ISP,Interaksi dengan konsumen dan Protocol dan teknologi model OSI
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 14
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Interaksi dengan konsumen
2.
Protocol dan teknologi model OSI
Menanya
1.
Mendiskusikan Interaksi
dengan konsumen
2.
Mendiskusikan Protocol dan
teknologi model OSI
Mengeksplorasi
1.
Mengeksplorasi Interaksi dengan konsumen
2.
Mengeksplorasi Protocol dan teknologi model OSI
Mengasosiasi
1. Membuat
kesimpulan Help Desk Yakni :Pekerjaan teknisi meja bantuan (help
desk),Organisasi meja bantuan (help desk) pada ISP,Peran teknisi
ISP,Interaksi dengan konsumen dan Protocol dan teknologi model OSI
Mengkomunikasikan
1.
Menyampaikan hasil tentang Pekerjaan teknisi meja
bantuan (help desk),Organisasi meja bantuan (help desk) pada ISP,Peran
teknisi ISP,Interaksi dengan konsumen dan Protocol dan teknologi model OSI
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
a.
Bentuk
instrumen
1.
Test : Test
Uraian
b.
Instrumen
1.
Test
(Terlampir)
3.
Pedoman
penskoran (Terlampir)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas Sekolah : SMK Negeri 1 Sigli
Mata Pelajaran : Rancang
Bangun Jaringan
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Pertemuan Ke- : 15 s/d 16
Alokasi Waktu : 2
(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Rancang
Bangun Jaringan
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Rasa Ingin
Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7.
Memahami
perencanaan pemutakhiran Jaringan
a.
Pendokumentasian
jaringan yang ada (Pertemuan 15)
b.
Survey
lapangan (Pertemuan 15)
c.
Topologi
fisik dan logic (Pertemuan 15)
d.
Dokumentasi
kebutuhan jaringan (Pertemuan 15)
e.
Perancangan perencanaan jaringan (Pertemuan 16)
f.
perencanakan
kabel secara terstruktur (Pertemuan 16)
g.
Peralatan
LAN (Pertemuan 16)
h.
Peralatan
antar jaringan (Pertemuan 16)
4.1.
Menganalisa perencanaan pemutakhiran Jaringan
a.
Menyajikan
informasi mengenai pendokumentasian jaringan yang ada
b.
Menyajikan
informasi mengenai
survey lapangan
c.
Menyajikan
informasi mengenai
topologi fisik dan logic
d.
Menyajikan
informasi mengenai
dokumentasi kebutuhan jaringan
e.
Menyajikan
informasi mengenai
perancangan perencanaan jaringan
f.
Menyajikan
informasi mengenai
perencanakan kabel secara terstruktur
g.
Menyajikan
informasi mengenai
peralatan LAN
h.
Menyajikan
informasi mengenai
peralatan antar jaringan
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami cara pendokumentasian jaringan yang ada
2. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami cara survey lapangan
3. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami jenis topologi fisik dan logic
4. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami cara membuat dokumentasi kebutuhan
jaringan
5. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami dan menerapkan perancangan perencanaan jaringan
6. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami perencanakan kabel secara terstruktur
7. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami dan menyebutkan peralatan LAN
8. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami dan menyebutkan peralatan antar
jaringan
D.
Materi
Pembelajaran
Perencanaan Jaringan
1.
Pendokumentasian
jaringan yang ada
2.
Survey
lapangan
3.
Topologi
fisik dan logic
4.
Dokumentasi
kebutuhan jaringan
5.
Perancangan perencanaan jaringan
6.
perencanakan
kabel secara terstruktur
7.
Peralatan
LAN
8.
Peralatan
antar jaringan
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f. Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 15
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Pendokumentasian jaringan yang ada
2.
Survey lapangan
3.
Topologi fisik dan logic
4.
Dokumentasi kebutuhan jaringan
Menanya
1.
Mendiskusikan
Pendokumentasian jaringan yang ada
2.
Mendiskusikan Survey
lapangan
3.
Mendiskusikan Topologi
fisik dan logic
4.
Mendiskusikan Dokumentasi
kebutuhan jaringan
Mengeksplorasi
1.
Mengeksplorasi Pendokumentasian jaringan yang ada
2.
Mengeksplorasi Survey lapangan
3.
Mengeksplorasi Topologi fisik dan logic
4.
Mengeksplorasi Dokumentasi kebutuhan jaringan
Mengasosiasi
1.
Menyimpulkan pelbagai hasil percobaan dan
pengamatan terkait dengan Perencanaan
Jaringan yaitu : Pendokumentasian jaringan yang ada,Survey
lapangan,Topologi fisik dan logic,Dokumentasi kebutuhan jaringan,Perancangan perencanaan jaringan,perencanakan kabel
secara terstruktur,Peralatan LAN,Peralatan antar jaringan
Mengkomunikasikan
1.
Menyampaikan
hasil diskusi kelompok tentang Pendokumentasian
jaringan yang ada,Survey lapangan,Topologi fisik dan logic,Dokumentasi
kebutuhan jaringan,Perancangan
perencanaan jaringan,perencanakan kabel secara terstruktur,Peralatan
LAN,Peralatan antar jaringan
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 16
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Perancangan
perencanaan jaringan
2.
perencanakan kabel secara terstruktur
3.
Peralatan LAN
4.
Peralatan antar jaringan
Menanya
1.
Mendiskusikan
Perancangan perencanaan jaringan
2.
Mendiskusikan perencanakan
kabel secara terstruktur
3.
Mendiskusikan Peralatan LAN
4.
Mendiskusikan Peralatan
antar jaringan
Mengeksplorasi
1.
Mengeksplorasi Perancangan perencanaan jaringan
2.
Mengeksplorasi perencanakan kabel secara
terstruktur
3.
Mengeksplorasi Peralatan LAN
4.
Mengeksplorasi Peralatan antar jaringan
Mengasosiasi
1.
Menyimpulkan pelbagai hasil percobaan dan
pengamatan terkait dengan Perencanaan
Jaringan yaitu : Pendokumentasian jaringan yang ada,Survey
lapangan,Topologi fisik dan logic,Dokumentasi kebutuhan jaringan,Perancangan perencanaan jaringan,perencanakan kabel
secara terstruktur,Peralatan LAN,Peralatan antar jaringan
Mengkomunikasikan
1.
Menyampaikan
hasil diskusi kelompok tentang Pendokumentasian
jaringan yang ada,Survey lapangan,Topologi fisik dan logic,Dokumentasi
kebutuhan jaringan,Perancangan
perencanaan jaringan,perencanakan kabel secara terstruktur,Peralatan
LAN,Peralatan antar jaringan
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
a.
Bentuk
instrumen
1.
Test : Test
Uraian
b.
Instrumen
1.
Test
(Terlampir)
3.
Pedoman
penskoran (Terlampir)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas Sekolah : SMK Negeri 1 Sigli
Mata Pelajaran : Rancang
Bangun Jaringan
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Pertemuan Ke- : 17 s/d 18
Alokasi Waktu : 2
(3 x 45 Menit)
Standar Kompetensi : Rancang
Bangun Jaringan
Karakter siswa yang diharapkan : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Rasa Ingin
Tahu, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.8.
Memahami
Perencanaan struktur pengalamatan
a.
Penerapan
pengalamatan IP pada LAN (Pertemuan 17)
b.
Subnetting
pada jaringan (Pertemuan 17)
c.
VLSM
dan CIDR (Classless Inter-Domain Routing) (Pertemuan 17)
d.
NAT
dan PAT (Pertemuan 17)
e.
dasar
Network Address Translation (NAT) (Pertemuan 18)
f.
Terminology
IP NAT (Pertemuan 18)
g.
NAT
static dan dinamik (Pertemuan 18)
4.1.
Menganalisa
Perencanaan struktur pengalamatan
a.
Menyajikan
informasi mengenai penerapan pengalamatan IP pada LAN
b.
Menyajikan
informasi mengenai
subnetting pada jaringan
c.
Menyajikan
informasi mengenai VLSM dan CIDR (Classless Inter-Domain Routing)
d.
Menyajikan
informasi mengenai NAT dan PAT
e.
Menyajikan
informasi mengenai dasar Network Address Translation (NAT)
f.
Menyajikan
informasi mengenai
terminology IP NAT
g.
Menyajikan
informasi mengenai NAT static dan dinamik
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami cara penerapan pengalamatan IP
pada LAN
2. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami dan melakukan subnetting pada jaringan
3. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai VLSM dan CIDR (Classless
Inter-Domain Routing)
4.
Melalui
praktek diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai NAT dan PAT
5. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami dasar Network Address Translation (NAT)
6. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai terminology IP NAT
7. Melalui praktek
diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai NAT static dan dinamik
D.
Materi
Pembelajaran
Struktur Pengalamatan
1.
Penerapan
pengalamatan IP pada LAN
2.
Subnetting
pada jaringan
3.
VLSM
dan CIDR (Classless Inter-Domain Routing)
4.
NAT
dan PAT
5.
dasar
Network Address Translation (NAT)
6.
Terminology
IP NAT
7.
NAT
static dan dinamik
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scintifict learning
2. Strategi : cooperatif learning
3. Model : Problem based learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan
penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Power Point
b. Internet
2. alat/Bahan
a. laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol
e. Komputer
f. Software
3. Sumber Belajar
a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 17
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Penerapan pengalamatan IP pada LAN
2.
Subnetting pada jaringan
3.
VLSM dan CIDR (Classless Inter-Domain Routing)
4.
NAT dan PAT
Menanya
1.
Mendiskusikan Penerapan
pengalamatan IP pada LAN
2.
Mendiskusikan Subnetting
pada jaringan
3.
Mendiskusikan VLSM dan CIDR
(Classless Inter-Domain Routing)
4.
Mendiskusikan NAT dan PAT
Mengeksplorasi
1.
Mengeksplorasi
Penerapan pengalamatan IP pada LAN
2.
Mengeksplorasi Subnetting pada jaringan
3.
Mengeksplorasi VLSM dan CIDR (Classless
Inter-Domain Routing)
4.
Mengeksplorasi NAT dan PAT
Mengasosiasi
1.
Menyimpulkan pelbagai hasil percobaan dan
pengamatan terkait dengan Struktur
pengalamatan ,Penerapan
pengalamatan IP pada LAN,Subnetting pada jaringan,VLSM dan CIDR (Classless
Inter-Domain Routing),NAT dan PAT,dasar Network Address Translation
(NAT),Terminology IP NAT,NAT static dan dinamik
Mengkomunikasikan
1.
Menyampaikan
hasil pengamatan
dan percobaan Struktur pengalamatan ,Penerapan pengalamatan IP pada
LAN,Subnetting pada jaringan,VLSM dan CIDR (Classless Inter-Domain
Routing),NAT dan PAT,dasar Network Address Translation (NAT),Terminology IP
NAT,NAT static dan dinamik
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 18
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab
sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa
bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga
negara yang baik
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai
materi pembelajaran
4.
Guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
dasar Network Address Translation (NAT)
2.
Terminology IP NAT
3.
NAT static dan dinamik
Menanya
1.
Mendiskusikan dasar Network
Address Translation (NAT)
2.
Mendiskusikan Terminology
IP NAT
3.
Mendiskusikan NAT static
dan dinamik
Mengeksplorasi
1.
Mengeksplorasi dasar Network Address Translation
(NAT)
2.
Mengeksplorasi Terminology IP NAT
3.
Mengeksplorasi NAT static dan dinamik
Mengasosiasi
1.
Menyimpulkan pelbagai hasil percobaan dan pengamatan
terkait dengan Struktur pengalamatan ,Penerapan pengalamatan IP pada
LAN,Subnetting pada jaringan,VLSM dan CIDR (Classless Inter-Domain
Routing),NAT dan PAT,dasar Network Address Translation (NAT),Terminology IP
NAT,NAT static dan dinamik
Mengkomunikasikan
1.
Menyampaikan
hasil pengamatan
dan percobaan Struktur pengalamatan ,Penerapan pengalamatan IP pada
LAN,Subnetting pada jaringan,VLSM dan CIDR (Classless Inter-Domain
Routing),NAT dan PAT,dasar Network Address Translation (NAT),Terminology IP
NAT,NAT static dan dinamik
|
20 menit
20 menit
20 menit
20 menit
25 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan
evaluasi
4.
Siswa menyepakati
tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam
merakit PC
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
a.
Bentuk
instrumen
1.
Test : Test
Uraian
b.
Instrumen
1.
Test
(Terlampir)
3.
Pedoman
penskoran (Terlampir)
0 komentar:
Posting Komentar