Senin, 13 Februari 2017

PROTA DAN PROSEM BAHASA INDONESIA 2016




PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah         :
Kelas/            Semester      : X/1
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi  : 1. Mendengarkan
Standar Kompetensi :  Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1  Menang-gapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 




·   Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

·   Menyampai-kan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas.

·   Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·   Pokok-pokok isi berita
·   penangapan isi berita

4 JP





























1.2  Mengiden-tifikasi unsur  sastra (intrinsik  dan ekstrinsik)suatu cerita yang disampai-kan secara langsung/ melalui rekam­an   
·   Menyampai-kan  unsur-unsur intrinsik  ( tema, penokohan, konflik,  amanat, dll.)

·   Menyampai-kan unsur-unsur  ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.)


·   Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman

Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, amanat)
unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)

4 JP




























Uji Materi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP




























               Mengetahui,                ………………………, …….
               Kepala Sekolah SMA/MA               Guru Kelas / Guru MP


               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.












PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah         :
Kelas/            Semester      : X/1
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi  : 2. Berbicara
Standar Kompetensi :  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
2.1   Memper-kenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat



·   Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton.

·   Mengguna-kan diksi (pilihan kata)  yang tepat.

·   Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman.

·   Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai
Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi

·     penggunaan sapaan
·     penggunaan diksi

4 JP





























2.2   Mencerita-kan berbagai pengalam-an dengan pilihan kata dan ekspresi yang       tepat
·   Menyampai-kan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenang-kan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.

·   Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan

Cerita peng­alam­an (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.)

·     penggunaan diksi  (pilihan kata)
·     penggunaanintonasi, jeda, dan ekspresi

4 JP




























Uji Materi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP




























               Mengetahui,                ………………………, …….
               Kepala Sekolah SMA/MA               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.
















PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah         :
Kelas/            Semester      : X/1
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi  : 3. Membaca
Standar Kompetensi :  Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
3.1Menemu-kan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)

·   Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit.

·   Menemukan ide pokok     paragraf dalam teks.

·   Membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut
Membaca cepat
·   teks nonsastra
·   teknik  membaca cepat 
·   rumus membaca cepat
·   fungsi membaca cepat
4 JP





























3.2   Mengiden-tifikasi ide pokok teks  nonsastra dari berbagai  sumber melalui  teknik  membaca      ekstensif  
·   Mengidentifikasi ide  pokok tiap paragraph.

·   Menuliskan kembali isi bacaan  secara ringkas dalam beberapa kalimat.

·   Mengidentifikasi  fakta dan pendapat 


Teks nonsastra dari berbagai   sumber
1.  ide pokok tiap paragraf
2.  ide pokok dari berbagai sumber
3.  fakta dan opini
4.  ringkasan isi
4 JP




























Uji Materi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP




























              
               Mengetahui,                ………………………, …….
               Kepala Sekolah SMA/MA               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah         :
Kelas/            Semester      : X/1
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi  : 4. Menulis
Standar Kompetensi :  Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
4.1   Menulis gagasan dengan mengguna-kan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
·   Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif.

·   Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa.

·   Mengembang-kan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif.

·   Menyunting paragraf naratif yang ditulis  teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD.

·   Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif
Paragraf naratif

·         contoh paragraf naratif.

·         pola pengem-bangan paragraf naratif (urutan waktu, tempat)

·         ciri/ karak-teristik paragraf naratif.

·         kerangka paragraf naratif.

·         penggunaan kata ulang dalam paragraf naratif
4 JP





























4.2   Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif
·     Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan.

·     Menyusun kerangka paragraf deskriptif.

·     Mengembang-kan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif.

·     Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif.

·     Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman
Paragraf deskriptif

·         contoh paragraf deskriptif
·         pola pengem-bangan paragraf deskripsi.

·         ciri/ karak-teristik.

·         paragraf deskriptif

·         Kerangka paragraf deskriptif.

·         contoh pengguna-an frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
4 JP





























4.3   Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif 
·   Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf ekspositif.

·   Menyusun kerangka paragraf ekspositif.

·   Mengembang-kan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat .

·   Mengidentifi-kasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif.

·   Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis  teman
·      contoh paragraf ekspositif.

·      pola pengem-bangan paragraf ekspositif

·      contoh pengguna-an kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif.

·      Pengguna-an kata penghu-bung dalam paragraf


4 JP




























Uji Materi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP




























              
               Mengetahui,                ………………………, …….
               Kepala Sekolah SMA/MA               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.















PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah         :
Kelas/            Semester      : X/1
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi  : 5. Mendengarkan
Standar Kompetensi :  Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
5.1  Mengiden-tifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampai-kan secara langsung ataupun melalui rekaman  

·     Mengidentifi-kasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang).

·     Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan.

·     Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang


Rekaman  puisi atau pembacaan langsung
·         majas,
·         irama
·         kata-kata konotasi
·         Kata-kata bermakna lambang

4 JP





























5.2   Mengung-kapkan isi suatu       puisi yang disampai-kan  secara langsung ataupun melalui rekaman 
·     Menyebutkan  tema puisi yang didengar.

·     Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.).

·     Menjelaskan maksud puisi.

·     Mengungkap-kan isi puisi dengan kata-kata sendiri
Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan
·         jenis puisi
·         isi puisi
·         tema
·         maksud puisi

4 JP




























Uji Materi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP




























               Mengetahui,                ………………………, …….
               Kepala Sekolah SMA/MA               Guru Kelas / Guru MP


               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah         :
Kelas/            Semester      : X/1
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi  : 6. Berbicara
Standar Kompetensi :  Membahas cerita pendek melalui kegiatan  diskusi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6.1  Mengemu-kakan hal-hal yang menarik atau mengesan-kan dari cerita pendek  melalui kegiatan  diskusi 

·     Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri.

·     Mengungkap-kan hal-hal yang menarik atau mengesankan.

·     Mendiskusi-kan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.

·     Mengidentifi-kasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen

Naskah cerita pendek

· isi cerpen
· hal yang menarik
· unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
· penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung


4 JP





























6.2  Menemu-kan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan  diskusi 
·     Menemukan nilai-nilai dalam cerpen.

·     Membanding-kan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari

·     Mendiskusi-kan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen

Naskah cerita pendek
·         nilai budaya
·         nilai moral
·         nilai agama
·         nilai politik
4 JP




























Uji Materi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP




























               Mengetahui,                ………………………, …….
               Kepala Sekolah SMA/MA               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.






















PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah         :
Kelas/            Semester      : X/1
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi  : 7. Membaca
Standar Kompetensi :  Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
7.1   Membaca-kan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat

·     Membaca  puisi dengan memperhati-kan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.

·     Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi.

·     Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
 
Puisi
·   lafal
·   tekanan
·   intonasi
·   jeda
·   pemengga-lan kata, frasa



4 JP





























7.2   Mengana-lisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifi-kasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca.

·     Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

Naskah cerpen :
unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)

4 JP




























Uji Materi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP




























              



               Mengetahui,                ………………………, …….
               Kepala Sekolah SMA/MA               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.






















PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah         :
Kelas/            Semester      : X/1
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi  : 8. Menulis
Standar Kompetensi :  Mengungkapkan pikiran, dan perasaan  melalui kegiatan menulis  puisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
8.1   Menulis puisi lama dengan memperha-tikan bait, irama, dan rima



·     Mengidentifi-kasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima.

·     Membedakan bentuk pantun dan syair.

·     Menulis pantun/ syair dengan memperhati-kan bait, irama, dan rima.

·     Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman

Contoh puisi lama
(pantun, syair)
·        bait
·        irama
·        rima
·        perbedaan pantun dengan syair





4 JP





























8.2   Menulis puisi baru dengan memperha-tikan bait, irama, dan rima
·     Mengidentifi-kasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima.

·     Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.

·     Menyunting puisi baru yang dibuat teman

Contoh puisi baru
o        ciri-ciri puisi baru
o        bait
o        rima
o        irama
4 JP




























Uji Materi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP




























              



               Mengetahui,                ………………………, …….
               Kepala Sekolah SMA/MA               Guru Kelas / Guru MP



               …………………………..               ……………………………
               NIP.                NIP.


0 komentar:

Posting Komentar