PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah :
Kelas/ Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Standar
Kompetensi : Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara
langsung /tidak langsung
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.1 Menang-gapi siaran atau informasi dari media
elektronik (berita dan nonberita)
|
· Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam beberapa
kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Menyampai-kan
secara lisan isi berita yang telah ditulis
secara runtut dan jelas.
· Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi
yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
|
Siaran (langsung) dari radio/
televisi, teks yang dibacakan, atau
rekaman berita/ nonberita
·
Pokok-pokok isi berita
·
penangapan isi berita
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Mengiden-tifikasi
unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik)suatu cerita yang
disampai-kan secara langsung/ melalui rekaman
|
· Menyampai-kan
unsur-unsur intrinsik ( tema,
penokohan, konflik, amanat, dll.)
· Menyampai-kan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama,
dll.)
· Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur
intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman
|
Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
unsur intrinsik
(tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, amanat)
unsur
ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………,
…….
Kepala
Sekolah SMA/MA Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah :
Kelas/ Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi : 2. Berbicara
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
2.1 Memper-kenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat
|
· Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai
moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton.
· Mengguna-kan diksi (pilihan kata) yang tepat.
· Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan
kalimat perkenalan oleh teman.
· Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai
|
Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum
resmi
·
penggunaan sapaan
·
penggunaan diksi
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Mencerita-kan berbagai pengalam-an dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
|
·
Menyampai-kan
secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenang-kan, mengharukan, dsb.)
dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.
·
Menanggapi
pengalaman pribadi yang disampaikan
|
Cerita pengalaman (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.)
· penggunaan diksi
(pilihan kata)
· penggunaanintonasi, jeda, dan ekspresi
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………,
…….
Kepala
Sekolah SMA/MA Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah :
Kelas/ Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi : 3. Membaca
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
3.1Menemu-kan
ide pokok berbagai
teks nonsastra dengan teknik membaca
cepat (250 kata/menit)
|
·
Membaca
cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit.
·
Menemukan
ide pokok paragraf dalam teks.
·
Membuat
ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut
|
Membaca
cepat
·
teks nonsastra
·
teknik membaca cepat
·
rumus membaca cepat
·
fungsi membaca cepat
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengiden-tifikasi ide pokok teks
nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik
membaca ekstensif
|
· Mengidentifikasi ide
pokok tiap paragraph.
· Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat.
·
Mengidentifikasi fakta dan pendapat
|
Teks nonsastra
dari berbagai sumber
1. ide
pokok tiap paragraf
2. ide
pokok dari berbagai sumber
3. fakta
dan opini
4. ringkasan
isi
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………,
…….
Kepala
Sekolah SMA/MA Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah :
Kelas/ Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kode
Kompetensi : 4.
Menulis
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
4.1 Menulis gagasan dengan
mengguna-kan pola urutan waktu dan
tempat dalam bentuk paragraf naratif
|
· Mendaftar topik-topik
yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif.
· Menyusun
kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa.
· Mengembang-kan
kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif.
· Menyunting
paragraf naratif yang ditulis teman
berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD.
· Menggunakan
kata ulang dalam paragraf naratif
|
Paragraf naratif
·
contoh paragraf
naratif.
·
pola pengem-bangan
paragraf naratif (urutan waktu, tempat)
·
ciri/ karak-teristik
paragraf naratif.
·
kerangka paragraf
naratif.
·
penggunaan kata ulang
dalam paragraf naratif
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Menulis hasil observasi dalam
bentuk paragraf deskriptif
|
·
Mendaftar topik- topik
yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan.
·
Menyusun kerangka
paragraf deskriptif.
·
Mengembang-kan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf deskriptif.
·
Menggunakan frasa
ajektif dalam paragraf deskriptif.
·
Menyunting paragraf
deskriptif yang ditulis teman
|
Paragraf deskriptif
·
contoh paragraf deskriptif
·
pola pengem-bangan paragraf deskripsi.
·
ciri/ karak-teristik.
·
paragraf deskriptif
·
Kerangka paragraf deskriptif.
·
contoh pengguna-an frasa ajektif dalam paragraf
deskriptif
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis
dalam bentuk ragam paragraf ekspositif
|
·
Mendaftar
topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf ekspositif.
·
Menyusun
kerangka paragraf ekspositif.
·
Mengembang-kan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat .
·
Mengidentifi-kasi
kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif.
·
Menyunting
paragraf ekspositif yang ditulis teman
|
· contoh
paragraf ekspositif.
· pola
pengem-bangan paragraf ekspositif
· contoh pengguna-an kata berimbuhan dalam paragraf
ekspositif.
· Pengguna-an kata penghu-bung dalam paragraf
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………,
…….
Kepala
Sekolah SMA/MA Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah :
Kelas/ Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kode
Kompetensi : 5.
Mendengarkan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
5.1 Mengiden-tifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampai-kan secara
langsung ataupun melalui rekaman
|
· Mengidentifi-kasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi
dan bermakna lambang).
· Menanggapi
unsur-unsur puisi yang ditemukan.
· Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang
|
Rekaman puisi atau pembacaan langsung
·
majas,
·
irama
·
kata-kata konotasi
·
Kata-kata bermakna
lambang
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2 Mengung-kapkan isi suatu puisi yang
disampai-kan secara langsung ataupun
melalui rekaman
|
· Menyebutkan tema
puisi yang didengar.
· Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi,
roman, ode, himne, satire, dll.).
· Menjelaskan
maksud puisi.
· Mengungkap-kan isi puisi dengan kata-kata sendiri
|
Rekaman puisi
yang berjenis tertentu atau yang dibacakan
·
jenis puisi
·
isi puisi
·
tema
·
maksud puisi
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………,
…….
Kepala
Sekolah SMA/MA Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah :
Kelas/ Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi :
6. Berbicara
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
6.1 Mengemu-kakan hal-hal
yang menarik atau mengesan-kan dari cerita pendek melalui
kegiatan diskusi
|
·
Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan
kata-kata sendiri.
·
Mengungkap-kan
hal-hal yang menarik atau mengesankan.
·
Mendiskusi-kan
unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
cerita pendek yang dibaca.
·
Mengidentifi-kasi
kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen
|
Naskah cerita pendek
· isi
cerpen
· hal
yang menarik
·
unsur-unsur
intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
· penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2 Menemu-kan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
|
· Menemukan nilai-nilai dalam cerpen.
· Membanding-kan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita
pendek dengan kehidupan sehari-hari
· Mendiskusi-kan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
|
Naskah cerita pendek
·
nilai budaya
·
nilai moral
·
nilai agama
·
nilai politik
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………,
…….
Kepala
Sekolah SMA/MA Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah :
Kelas/ Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi : 7. Membaca
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
7.1 Membaca-kan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi
yang tepat
|
·
Membaca puisi dengan memperhati-kan lafal, tekanan,
dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
·
Membahas
pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi.
·
Memberi
saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
|
Puisi
·
lafal
·
tekanan
·
intonasi
·
jeda
·
pemengga-lan kata, frasa
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.2 Mengana-lisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
|
· Mengidentifi-kasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan
amanat) cerita pendek yang telah
dibaca.
· Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan
amanat) dengan kehidupan sehari-hari
|
Naskah cerpen :
unsur intrinsik
(tema, penokohan, dan amanat)
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………,
…….
Kepala
Sekolah SMA/MA Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah :
Kelas/ Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kode Kompetensi : 8. Menulis
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
8.1 Menulis puisi lama dengan
memperha-tikan bait, irama, dan rima
|
·
Mengidentifi-kasi
puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima.
·
Membedakan
bentuk pantun dan syair.
·
Menulis
pantun/ syair dengan memperhati-kan bait, irama, dan rima.
·
Menyunting
puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman
|
Contoh puisi
lama
(pantun, syair)
·
bait
·
irama
·
rima
·
perbedaan pantun dengan
syair
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.2 Menulis
puisi baru dengan memperha-tikan bait, irama, dan rima
|
· Mengidentifi-kasi puisi baru berdasarkan bait, irama,
dan rima.
· Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama,
dan rima.
· Menyunting puisi baru yang dibuat teman
|
Contoh puisi baru
o
ciri-ciri puisi baru
o
bait
o
rima
o
irama
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………,
…….
Kepala
Sekolah SMA/MA Guru Kelas /
Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP.
NIP.
0 komentar:
Posting Komentar